Viral Kembali Permainan Tradisional Memakan Tenaga Dan Fikiran

BANGKALAN – Permainan Tradisional zaman dahulu kembali digandrungin oleh generasi zaman sekarang, seperti yang dilakukan oleh anak-anak di Dus/Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Ahad (25/12/2022).

Bahkan permainan Lato yang mempunyai banyak versi penamaannya itu, tidak hanya anak kecil saja yang suka bermain. Melaikan sebagian orang dewasa juga ikut mengenang dimasa dulu saat memaikan Etek Etek atau Lato tersebut.

Moh Rofi mengatakan permainan ini selain membutuhkan fikiran saat bermain juga harus mengeluarkan tenaga yang cukup menyulitkan pemainnya. Hal itu dibuktikan ketika sang pemain harus menyesuaikan fikirannya dengan gerakan buah Lato.

“Iya mas, kalau hanya diayunkan saja buah itu tidak akan seimbang, dan itu akan menyulitkan sang pemain,” jelasnya.

Permainan Tek-Tek karena banyak versi penamaannya sesuai yang ada di daerah itu, bisa menyihir anak-anak seolah teralihkan dari gadget. Dia menerangkan permainan yang terbuat dari dua bola dari plastik keras itu, memiliki dua buah sehingga saat dibenturkan keduanya akan saling menjauh.

“Sekarang hampir seharian bocil bermain lato-lato terus,’’ paparnya.

Menurut pemuda yang akrab disapa Roby itu, mengungkapkan saking viralnya permainan lato tersebut. Sebagian warga di desanya setiap hari minggu dibuat perlombaan anak. Puluhan peserta yang ikut harus berjuang dan memang butih latihan yang cukup inten untuk bisa bermain lama.

“Melatih mental dan melestarikan mainan jadul yang mengasah pikiran dan tenaga,” tandasnya. (AK).