Peziarah Makam Para Ratoh Memakai Baju Adat, di Hari Jadi Sampang ke 399

SAMPANG – Prosesi ziarah kepada makam para ratoh Sampang, terlaksana di hari jadi Sampang ke 399, pada Jum’at (23/12/22). Dalam kegiatan itu, para peziarah memakai pakai adat Sampang. Sementara makam yang dikunjungi itu, merupakan makam leluhur yang pernah ada di wilayah Sampang, tepatnya para leluhur yang pernah memimpin di daerah kota itu.

Kegiatan ziarah yang dilakukan itu, sudah direncanakan sebelumnya. Sehingga terlaksana di hari jadi Sampang ke 399. Semantara pelaksana kegiatannya, termasuk dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemkab Sampang. Meliputi, Bupati serta wakilnya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang, dan Kepala se Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sampang.

Sebelum ke Makam Ratu Ebuh di jalan Mangkubumi Kelurahan Polagan, rombongan peziarah masih melaksanakan prosesi ziarah ke makam R. Kabul dan R. Trunojoyo. Adapun lokasi makam R. Trunojoyo, di jalan pahlawan. Sementara makam R. Kabul, di jalan Aji Gunung.

Dalam perjalanan menuju ke lokasi-lokasi makam, banyak masyarakat yang berjejer di pinggir jalan. Tentunya hal itu dilakukan oleh masyarakat, untuk menyambut rombongan peziarah.

Penyambutan dari masyarakat itu, merupakan bentuk apresiasi kepada rombongan yang menghormati sejarah leluhur. Atau bentuk ungkapan terimakasih masyarakat kepada peziarah yang mau mengenang jasa para leluhur Sampang.

Atas hal itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang Marnilem menghaturkan, mudah-mudahan kedepannya, kegiatan semacam itu dapat tetap dilakukan setiap tahunnya. Mengingat, makam pahlawan dan leluhur di Sampang perlu diperhatikan, baik menurut kacamata sejarah, maupun sastra lisan melalui kegiatan berziarah.
“Hal itu harus dilakukan, demi Sampang Hebat Bermartabat,” tutur Marnilem.
(Adv)