Berdalih Hindari Laka Truk, Pemkab Sampang Pinjam Lahan Ke Pemprov

SAMPANG – Berdalih untuk menghindari kecelakaan lalu lintas (Laka), Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang pinjam Jembatan timbangan di perbatasan kecamatan Jrengik-Torjun. Peminjaman itu dilakukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Tujuannya, untuk dijadikan tempat istirahat Truk. Diketahui, jembatan itu, sudah terbengkalai bertahun-tahun, yakni tanpa pemanfaatan yang jelas.

kepala seksi (kasi) Lalulintas Angkutan Jalan Dishub Sampang Khotibul Umam membeberkan, bahwa di Sampang lahan parkir khusus truk tidak ada. Selain itu, tempat istirahat atau rest area khusus truk juga tidak ada.
“Sebab dari dulu hingga saat ini belum ada parkiran truk dan res area,” ucapnya, selasa (13/12/22).

Bahkan, kata Khotibul Umam, dari sepanjang jalan Bangkalan-Sampang-Pamekasan rest area tidak ada. Sehingga banyak truk yang parkir di pinggir jalan. Terutama di gerbang masuknya selamat datang kota Sampang wilayah barat. Selain itu, juga acap kali parkir di terminal Sampang yang minim lokasi parkirnya.
“Gara-gara parkir di pinggir jalan, pernah ada kejadian truk ditabrak mini bus,” bebernya.

Sehingga pihaknya meminjam Jembatan timbangan yang sudah lama terbengkalai itu. Peminjaman itu dengan maksud untuk dijadikan rest area khusus truk.
Sebenarnya, meskipun pihaknya tidak mengalih fungsikan Jembatan timbangan menjadi rest area, tidak sedikit sopir yang berhenti memanfaatkan tempat itu untuk sekedar beristirahat.
“Kami sudah pinjam ke Pemprov. Sesuai surat tembusan, tempat itu diperbolehkan dijadikan tempat rest area khusus truk,” sambungnya.

Selain itu, pihaknya juga sengaja membiarkan pedagang yang membuka warung di area jembatan timbangan. Bahkan, Dishub sampang memberikan izin kepada pemilik warung untuk menyambung listrik ke PJU sebagai penerangan.
“Kami sengaja biarkan mereka sambung listrik ke PJU. Tujuannya agar pemilik warung tetap membuka warungnya di saat malam hari. Sebab, kadangkala terdapat sopir yang berhenti di tempat itu di malam hari,” imbuhnya.

Dengan begitu keberadaan sopir truk yang acap kali memarkir truknya di pinggir jalan bisa di cegah. Hal itu otomatis, dapat mencegah terjadinya laka.
“Mudah-mudahan dengan begini kami dapat membantu Sopir Truk yang sedang mencari tempat istirahat,” pungkasnya.
(AHe)