Lantaran SDM Rendah, Se Kecamatan Torjun Tidak Ada Bumdes Maju

SAMPANG – Sebanyak 12 desa di kecamatan Torjun Kabupaten Sampang terlihat kompak. Bagaimana tidak, sebab keberadaan badan usaha milik desa (Bumdes) di semua desa kecamatan Torjun, tidak ada yang terdaftar sebagai Bumdes maju. Diketahui tidak adanya bumdes maju itu, lantaran Sumber Daya Manusia (SDM) di semua desa Kecamatan Torjun masih tergolong rendah.

kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial Kecamatan Torjun Ach Fadil mengatakan, bahwa bumdes se kecamatan Torjun kabupeten Sampang masih belum ada yang menyandang bumdes majunya.
“Semua desa masih belum ada bumdes majunya,” ucapnya, Selasa (13/12/22).

Alasan tidak ada desa yang menyandang bumdes maju itu, ia membeberkan, lantaran SDM yang ada masih tergolong rendah. Sehingga, sangat sulit untuk melangkah ke Bumdes Maju.
“SDM-nya masih rendah, makanya masih belum tergolong ke bumdes maju,” bebernya.

Sementara itu, di kecamatan Torjun terdapat 12 desa dengan masing-masing desa sudah ada Bumdesnya semua.
“Kalau di semua desa di Kecamatan saya sudah ada Bumdesnya semua,” timpalnya.

Hanya saja meskipun Bumdes terbentuk, di 12 bumdes kecamatan Torjun masih belum mampu menjalankan usaha yang ada. Hal itu juga berdampak pada Pendapatan Anggaran Desa (PADes) yang masih belum maksimal.
“Sulit untuk masuk ke bumdes maju itu, lantaran bumdes sulit menjalankan usaha,” sambungnya.

Sementara sata ini, kata Fadil, 12 desa itu tergolong bumdes berkembang dan pemula. Hanya saja, pria yang juga menjabat sebagai Penanggung Jawab (PJ) Kepala Desa Torjun itu mangaku kurang faham. Serta tidak mau menyebutkan, karena takut salah. Sehingga terkait keberadaan Bumdes berkembang dan pemula masih belum bisa ia tuturkan.
“Setahu saya itu. Terkait rinciannya ada di kantor,” tuturnya.

Kendati demikian, ia akan berusaha agar 12 Bumdes itu bisa mendapatkan PADes secara maksimal. Artinya, akan memaksimalkan kinerjanya, agar 12 Bumdes itu bisa menyandang Bumdes Maju.
“Kalau kami hanya bisa berusaha. Seperti sekarang ini, kami sedang memulai untuk kekreatifan kami,” pungkasnya.
(AHe)