Kondisi Pasar Dupok Mendapat Tanggapan Pedas Dari Masyarakat Pedagang

BANGKALAN – Perputaran ekonomi masyarakat masih tergantung dengan keberadaan pasar, sehingga Dinas Perdagangan (Disdag) Bangkalan mempunyai PR untuk berbenah dari segi kios-kios yang ada. Hal itu perlu dilakukan sebab beberapa kios yang ada di pasar mulai dikeluhkan, terlebih fasilitas yang rusak. Seperti yang ada di Pasar Dupok, tepatnya di Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Rabu (07/12/2022).

Misnati salah satu pedagang di pasar tersebut mengatakan rusaknya kios tersebut sudah lebih dua tahun. Akan tetapi sampai sekarang tidak pernah mandapatkan perhatian langsung dari pengelola pasar, terlebih dinas terkait.

“Ya lama, kalau dua tahun mungkin ada,” tuturnya.

Baginya sebagai pedagang tentu membutuhkan fasilitas yang layak, untuk membantu kenyaman pelanggan. Bahkan kios yang rusak dan mengalami kebocoran saat hujan itu, dia menyampaikan menghambat kelancaran transaksi antar penjual dan pelanggan nya.

“Bisa dicek langsung ke dalam pasar, kalau seperti itu bisa dikatakan layak atau tidak untuk kelas pasar umum,” jelasnya wanita yang biasa menjual ikan dan bahan-bahan dapur itu.

Berbeda dengan respon Musaiyeroh istri Muhammad menyikapi kondisi pasar Dupok tersebut, lebih meminta kepada pengelola pasar untuk segera diperbaiki. Sebab, tidak menutup kemungkinan pasr itu ada pendapatannya dari hasil sewa kios.

“Setidaknya hasil kios itu bisa digunakan dalam perbaiki kerusakannya, biar tidak kebingungan pedagang saat musim hujan,” ujarnya.

Menanggapi informasi dari masyarakat itu, Kabid Pengelolaan Pasar Disdag Bangkalan Dhenis Pribadi mengaku sudah melakukan survei kelapangan. Namun secara pasti tidak bisa langsung menindaklanjuti untuk rehabilitasi infrastruktur pasar. Sebeb, harus melewati beberapa tahapan baik secara pengusulan anggaran dan tingkat kerusakan dipasar tersebut.

“Seandainya yang diinfokan dari tahun 2021 kemarin, mungkin kami bisa bertindak cepat tahun sekarang. Karena yang mempunyai kebijakan diperbaikinya pasar itu bukan langsung dari saya, akan tetapi kami dari Disdag juga melihat seberapa parah kerusakannya,” tandasnya. (AK)