Ragam  

Pesona Alam Buyut Buker, Distinasi Wisata Relegi Sampang Yang Tersembunyi

SAMPANG – Sampang adalah suatu kabupaten di Madura yang mempunyai di sebelah utara anggota timur dari pulau Jawa.Sejarah kuno Sampang hanya dikenal dari beberapa prasasti dengan Sangkala candra. Dalam tradisi Jawa, adalah suatu representasi visual yang berbunyi hukuman empat kata yang masing-masing menghasilkan angka. Ini memberikan makna tanggal secara penanggalan Saka.

Buju’ Buker Merupakan salah satu tempat bersejarah dan keramat yang terletak di Dusun Buker Atas, Desa Buker, Kec. Jrengik, Kab. Sampang, Sabtu, 3/12/2022
Banyak warga sekitar dan pengunjung dari luar datang untuk berziarah sekaligus salametan di tempat ini terutama di hari-hari besar seperti hari raya. Berada di dataran tinggi membuat pemandangannya terlihat sangat indah hampir seluruh daerah di Madura dapat terlihat disini kata Bapak Yasin yang mendiami di samping Makam Bujuk Buker

“Bagi warga luar Madura yang ingin berkunjung ke Madura khususnya Kabupaten Sampang, adakalanya singgah ke Desa Buker, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang. Disana terdapat panorama yang sangat mengesankan mata” Terangnya

Dedaunan yang asri serta alam pegunungan nan indah menjadikan Desa Buker sebagai salah satu destinasi wisata di Sampang, Madura. Di Desa dengan jumlah penduduk 3000 lebih ini, Anda dapat menyaksikan panorama Sampang dari atas perbukitan.

Sepanjang mata memandang, pepohonan yang hijau dan burung-burung berkicau akan Anda temui di Desa Buker. Udara yang masih segar dan asri, akan menenangkan sejenak pikiran Anda.

Desa Buker merupakan salah satu Desa yang cukup luas dengan jumlah penduduk yang banyak. Desa ini terletak di Kec. Jrengik, Kab. Sampang, Madura, Jawa Timur. Warganya mayoritas berprofesi sebagai petani, peternak, wiraswasta dll. Desa Buker terdiri dari beberapa Dusun, yaitu Dusun Kapasan, Palongan, Buker Atas, Trogan, Galisan, Rengoh, Masaran, Ratah, Tanamera, Bangui, Kokon, Mani’an, Sekeman, Bekandang, Branjang dll.

Adapun Sampang merupakan gerbang kedua ketika berkunjung ke pulau madura. untuk menuju ke daerah ini kalian bisa lewat jalur selatan dengan akses menuju kecamatan blega bangkalan dan lewat jalur pantura dengan akses menuju kecamatan tanjung bumi bangkalan.

“Untuk tempat wisata yang ada di kabupaten sampang memiliki beragam jenis yang cocok untuk dijadikan destinasi liburan” Tutupnya.(Md)