Dinas Sosial Pamekasan Bantah Penyaluran BLT Sudah Sesuai Dengan Prosedur

PAMEKASAN – Penyaluran dana bantuan sosial sedang dilakukan pemerintah pusat dan daerah melalui instansi terkait dengan berbagai mekanisme prosedur berbeda disetiap wilayah. Meski tujuannya baik, banyak pihak mewanti-wanti program ini tidak disalahgunakan untuk kepentingan tertentu.

Plt. Dinas Sosial Pamekasan Herman Hidayat Santoso menyebut, Pihaknya sudah kordinasi dengan pihak ketiga Pt. Pos Persero cabang Pamekasan agar bantuan dari pemerintah melalui dinas sosial Pamekasan yang sudah terdata dan terverifikasi sampai ke tangan masyarakat tepat sasaran.

Herman mengungkapkan Bantuan BPNT, PKH dan BBM akhir tahun ini penyalurannya bersamaan dengan nominal yang berbeda setiap individu, PT. Pos Pamekasan berkordinasi dengan desa dibeberapa wilayah untuk penyaluran tersebut. Apakah mau penyalurannya dibalai desa atau dikantor pos setiap kecamatan.

Peran dari media dan masyarakat diperlukan untuk upaya bersama memberantas penyalahgunaan bantuan dari kementerian sosial RI (Kemensos). Jika ada pemotongan dibawah. Kata Herman dilaporkan ke pihaknya agar segera ditindaklanjuti karena hal tersebut sudah menyalahi prosedur yang sudah ditentukan.

“Laporkan bila ada temuan dibawah entah itu pemotongan dengan jumlah nominal transaksi yang banyak maupun sedikit. Asal sesuai dengan fakta , lokasi, nominal transaksi, dan yang lainnya”. Langsung temui ke saya, Ungkapan Herman. Pada 01/12/22 Saat berikan bantuan kepada anak tenggelam di Pamekasan beberapa hari lalu. Nanti akan kita bersama-sama lakukan sidak, teguran, hingga sanksi apa bila terbukti ada oknum yang bermain-main dibawah.

Oknum tersebut jika terbukti melanggar ketentuan nantinya kita akan audit dan lainnya dengan libatkan pihak instansi terkait mulai dari inspektorat daerah, TNI/POLRI hingga pihak kejaksaan negeri pamekasan. Tidak ada sanksi atau peringatan pertama atau lain sebagainya, jika terbukti bersalah langsung kita ambil tindakan tegas. Peringatannya dengan nada keras

Tindakan tersebut sebagai efek jera dan gambaran bagi pendamping, dan oknum agar tidak ada disalah gunakan apalagi ad pemotongan. Karena hal tersebut menyangkut kepentingan masyarakat banyak dibawah yang benar-benar membutuhkan. Pungkasnya

Dihubungi terpisah melalui pesan elektronik WaatsApp, kepala kantor PT.Pos Persero Cabang Pamekasan Boby Sahputra hingga berita ini ditayangkan belum memberikan keterangan secara resmi atas teknis penyaluran bantuan tersebut. (RS)