Warga Keluhkan Penyumbatan Drainase Akibat Gorong-Gorong Terlalu Kecil

SAMPANG – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Sampang, tepatnya di Desa Torjun, Kecamatan Torjun Kab, Sampang, Minggu (27/11/2022) membuat sejumlah ruas jalan tergenang banjir.

Genangan air di jalan tersebut sedalam 30 centimeter dan sepanjang kurang lebih 100 meter hingga menuju Rumah warga sekitar

Baginya akses darat lebih efisien jika disesuaikan pendapatan yang ada. Banjir yang tergenang di jalan tetap diterobosnya demi kepentingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meski begitu, hati kecilnya tetap berharap jalan ini akan bagus dan tidak ada lagi banjir.

“Iya beginilah kondisinya, mau tidak mau harus kita lewati meskipun banjir. Kalau air sedikit masih aman dilewati tapi kalau debit airnya tinggi, harus hati-hati melewatinya,” ungkap salah seorang masyarakat setempat yang rutin menggunakan akses jalan poros Kabupaten

Setiap turun hujan lebat ruas jalan Kabupaten tepatnya di depan Dusun Krestal Torjun selalu tergenang air. Karena ketinggian air mencapi 30 cm maka banyak pengguna jalan khusunya pengendara sepeda motor lebih memilih balik haluan. Diduga pemicu banjir karena kecilnya gorong-gorong air.

Menurut warga, banjir terjadi karena kondisi gorong- gorong yang kecil serta mengalami pendangkalan. Sementara di salah satu sisi jika turun hujan air yang datang dari arah utara cukup besar, sehingga air meluap kejalan.
“setiap Hujan dengan itensitas Deras, saluran air drainase gorong gorong yang dangkal dan juga sempitnya menjadi adanya genangan air yang meluap,” ungkapnya. (Md)