Ragam  

Jadi Rujukan Setiap Akhir Pekan, Pantai Jumiang Suguhkan Pesona Alam Luar Biasa

Maduraraya.id | Pamekasan – Pantai Jumiang terletak di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu, berjarak kurang lebih 12km ke arah tenggara dari Pusat Kota. Pantai yang memiliki keindahan dengan pasir putih yang menghampar dan tebing karang yang indah di sisi timurnya menjadi rujukan destinasi wisata sangat mempesona.

Menempati pulau kecil yang terpisah dari Pulau Jawa, Pamekasan memiliki Pantai Jumiang yang indah. Mendapatkan predikat yang indah, kerap kali membuatnya menjadi tujuan wisata banyak orang. Karena tak hanya pantai, berbagai aktivitas pun dapat dilakukan di pantai ini.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan sembari berfoto. Di sini juga ada wahana permainan air seperti banana boat, atau perahu. Warung-warung makan pun tersedia untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum para wisatawan baik lokal maupun domestik. Tak lupa, fasilitas umum juga sudah tersedia cukup lengkap.
Meskipun sudah terbuka untuk wisatawan, namun tempat ini tetap menggratiskan tiket masuk. Wisatawan hanya perlu menyiapkan biaya jika menikmati wahana ataupun berwisata kuliner.

Pantai ini memiliki harmoni pemandangan yang tenang desir ombak laut tidak terlalu tinggi, sehingga deburannya pun tampak berirama syahdu. Tampak air laut berwarna biru, dengan sesekali tampak putihnya riak air yang bergulung pelan. Seiring dengan lembutnya angin yang perlahan membelai dan menggoyangkan ranting pepohonan disekitar.

Di bawah pohon cemara ini ada beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai. Gazebo ini berukuran kurang lebih 2×2 meter, dengan bahan kayu dan atap tradisional jaman dahulu. Di belakang gazebo, terdapat bola dan payung warna-warni yang digantung. Membuat suasana semakin meriah dan ceria.
Pantai Jumiang ini termasuk pantai yang harus memiliki usaha ekstra untuk ke bibir pantai. Karena, wisatawan harus menuruni anak tangga karena bibir pantai berada di bawah bukit. Meski begitu, semua akan terbayar ketika wisatawan sudah berada di bibir pantai. Menyentuh halusnya pasir dan segarnya air laut.

Fara Fadillah masyarakat asal tlanakan tersebut menuturkan, dirinya sangat mengagumi keindahan alam yang disuguhkan oleh pantai jumiang tersebut pasalnya dilokasi terdapat beberapa wahana permainan yang dapat menghibur para anak-anak.

” Ini merupakan hiburan sekaligus sebagai bentuk kecintaan kepada alam dengan mengenalkan sejak dini kepada mereka”. Kata ibu satu anak tersebut Minggu/20/11/22

Wisatawan juga dapat bermain bola di area pasir. Sepak bola, voli pantai, olahraga yang bisa dilakukan di tepi pantai. Lebih seru lagi jika dilakukan saat sore hari. Dikala matahari sudah tidak terasa terik, dan pemandangan matahari terbenam akan tampak indah saat dilokasi.

Tutup fara sambil lanjut menceritakan saat dilokasi, Tak hanya pepohonan, di sini juga terdapat gardu pandang dan jembatan di tepi pantai untuk memicu adrenalin baik buat si buah hati dan orang dewasa sekalipun.

“Saya sengaja datang menjelang sore hari bersama keluarga selain untuk berliburan disamping itu juga menikmati sunrise matahari terbenam yang dapat memanjakan setiap mata yang melihat.” (RS)