Angin puting Beliung Lulu lantahkan Pemukiman Warga kecamatan Ketapang Sampang

SAMPANG – Fenomena puting beliung ini mengakibatkan banyak warga yang sock Tampak sapuan angin kencang saat hujan menyapu pemukiman di wilayah Ketapang Sampang. Bahkan, angin tersebut terlihat membentuk pusaran.
Angin kencang yang disertai hujan deras terjadi di wilayah Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat Siang sekitar pukul 12.30 WIB.
bencana puting beliung itu mengakibat puluhan rumah warga semi permanent di Dusun Gunung Kesan Barat, Desa Paopale Laok, Kecamatan Ketapang mengalami kerusakan bahkan ada yang rata dengan tanah.

Hendra, salah seorang warga membenarkan kejadian tersebut. Angin menyapu atap beberapa rumah di wilayah itu dan merobohkannya, Sabtu, 05/11/2022.

“Betul, peristiwa itu terjadi pasca hujan deras tiba-tiba datang angin puting beliung sekitar jam 12 siang,” kata Hendra kepada wartawan.

Hendra menyebut, angin puting beliung yang terjadi di wilayahnya berlangsung singkat namun berdampak fatal. Puluhan rumah warga Dusun Gunung Kesan Barat, Desa Paopale Laok mengalami kerusakan akibat bencana tersebut.

“Data sementara yang saya tau ada sekitar dua puluh enam rumah warga yang rusak parah,” ungkap Hendra memungkasi.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang Asroni saat dikonfirmasi melalui Kasi Kebencanaan dan Logistik BPBD Moh Imam mengaku telah menerima laporan kejadian bencana angin puting beliung itu.

“Ya benar, ada bencana puting beliung. Saat ini kami sudah dilokasi untuk melakukan pendataan, memastikan jumlah rumah warga yang mengalami rusak berat, sedang dan ringan,” ujar Imam

Namun, imbuh Imam, hingga kini pihaknya belum bisa memberikan keterangan terkait berapa jumlah rumah rusak yang diakibatkan bencana tersebut.

“Kami belum bisa mengetahui pasti dampak kerusakan yang disebabkan bencana tersebut. Untuk informasi selanjutnya, nanti kami akan kabarkan kembali,” tandas Imam. (Md)