Miris, Tiga Kelas SDN Sampiyan 4 Hancur

BANGKALAN, Salah satu penjunjang kemajuan pendidikan fasilitas yang layak, tapi hal itu tidak dirasakan oleh siswa-siswi UPTD SDN Sampiyan 4. Sebab, Tiga Ruang tempat belajar mengalami kerusakan yang cukup parah dan mengancaman keselamat siswa di sekolah tersebut. lokasi sekolah tepatnya berada di Desa Sampiyan, Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan, Pada Kamis (03/11/2022).

Salah satu warga setempat SH mengatakan, SDN Sampiyan 4 ini sudah lama mengalami kerusakan. Namun hingga hari ini tidak ada perbaikan dari pemerintah Kabupaten Bangkalan. Padahal menurutnya kerusakan yang ada seperti Genting yang pecah mengancam keselamatan siswa yang belajar di sekolah itu.

“Sudah lama Mas, kurang lebih lima tahunan dan tidak pernah diperbaiki,” tutur laki-laki yang tidak mau disebut namanya itu.

Dia menyampaikan saat kegiatan belajar mengajar aktif, siswa digabung-gabung karena kelas I II dan III tidak bisa digunakan lagi. Adapun kerusakan yang ada di sekolah itu diantaranya,Tembok mengelupas, genting pecah dan berjatuhan, prabot kelas juga rusak.

“Langsung liat ke dalam kelasnya Mas, biar tahu apa saja yang sudah rusak,” jelasnya

Bahkan tidak hanya itu saja yang rusak, pintu dan bangku baik meja juga sudah hancur. Ditambah lagi sebagian Calvalum bengkok, plafon banyak pecah, akibatnya ruangan itu tidak lagi difungsikan sebagai mana mestinya.

“Kamar mandinya juga rusak tidak digunakan lagi, kurang tahu sejak kapan yang rusak,” Terangnya.

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Sekolah Dasar (SD) Negeri Sampiyan 4, tenaga pengajar di sekolah tersebut memiliki delapan guru. Semenatara siswa laki-laki 42 orang dan siswa perempuan 41 orang. Adapun kurikulum SD 2013 yang diterapkan, satu perpustakaan dan 6 ruang kelas.

UPTD SDN Sampiyan 4 memiliki tiga bagunan, di sebelah utara ditempati kelas I, II dan III. Sedangkan bagian selatan ruang guru atau kantor, kelas VI, V, dan kelas IV. Tiga kelas ini yang setiap harinya digunakan untuk tempat belajar siswa, satu diantaranya yakni kelas IV juga mengalami kerusakan ringan. (AK).