Meski Sudah Diperpanjang Pendaftaran Panwascam, Keterwakilan Perempuan Masih Belum Terpenuhi

BANGKALAN – Perpanjangan masa pendaftaran panitia pengawas kecamatan (Panwascam) khusus perempuan, sudah berakhir pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022 yang lalu, namun keterwakilan perempuan masih belum terpenuhi.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan, Ahmad Mustain Saleh mengatakan, tambahan pendaftar panwascam selama masa perpanjangan, sebanyak 32 orang pendaftar.

Saat ini, total pendaftar Panwascam se Kabupaten Bangkalan, menjadi 441 orang pendaftara, terdiri atas laki laki, sebanyak 333 orang dan perempuan, sebanyak 108 orang.

Jika di prosentasekan, jumlah pendaftar laki-laki sebanyak 76 persen, sedangkan pendaftar perempuan sebanyak 24 persen.

Saat ini, keterwakilan perempuan calon panwascam se Bangkalan masih kurang 6 persen. Meski demikian, dia mengaku tidak akan melakukan perpanjangan masa pendaftaran kembali.

“Jadi, kita akan umumkan pada 12 Oktober nanti, bagi mereka yang lolos administrasi,” tutur Mustain, saat dikonfirmasi, Selasa (11/10/2022).

Bagi yang lolos administrasi, tahapan selanjutnya yaitu peserta akan dilakukan tes tulis, melalui Sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Jadi, calon panwascam itu nanti akan mengikuti tes CAT layaknya tes CPNS, dan nilainya akan keluar secara otomastis,” ulasnya.

Sekedar diketahui, menurut juknis yang ada, tes tulis akan digelar pada tanggal 14 – 16 oktober 2022. “Tapi, kita masih menunggu jadwal pastinya. Nanti akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman yang lolos administrasi,” pungkasnya.

Selain itu, sebelumnya masa perpanjangan pendaftaran Panwascam, dilakukan selama sepekan, mulai tanggal 2 – 8 Oktober 2022 kemarin. Dikarenakan, pada saat itu capaian keterwakilan perempuan masih di angka 19 persen, sehingga diperlukan perpanjangan pendaftaran.