NPHD Ratusan Pokmas Penerima Hibah Provinsi Jatim Belum Tuntas

BANGKALAN – Proyek insfrastruktur dari anggaran dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, sudah mulai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Dari jumlah 900 kelompok masyarakat (Pokmas) di Kabupaten Bangkalan, yang sudah melakukan proses penandatanganan NPHD masih di angka 102 Pokmas.

Koordinator wilayah Bangkalan, UPT Dinas PU Bina Marga Jatim Agus Iwan Santoso menuturkan, proses NPHD dilakukan pada hari Senin sampai hari Selasa 19-20 September 2022 kemarin.

“Hari Senin kita proses NPHD sebanyak 80 Pokmas, dilanjut hari Selasa kemarin 26 Pokmas,” tutur Agus saat dihubungi, Rabu (21/9/2022).

Agus menyebutkan bahwa penandatanganan NPHD terhadap 900 Pokmas ini dilakukan secara bertahap. “Jadi bergantung SK dari Gubernur, proposal yang sudah di SK duluan baru itu yang di NPHD,” kata dia.

Untuk diketahui, yang mendapatkan dana hibah dari Pemprov Jatim, ada 900 Pokmas di Bangkalan, dengan anggaran sekitar Rp. 140,5 Miliar.

Dari 900 titik Pokmas yang menerima dana Hibah, terdiri dari beberapa pengerjaan, diantaranya tembok penahan tanah (TPT) dan tembok penahan jalan (TPJ), Rabat beton, jalan makadam, pembuatan jembatan, drainase, jalan paving dan pagar makam. (Faiq)