Habiskan Anggaran Ratusan Untuk Perindah Kota

SAMPANG– infrastruktur terus di genjot pembangunan demi Pembangunan di media jalan menelan ratusan juta, sebanyak dua puluh titik akan difasilitasi PJU penerangan jalan. Proyek itu diperkirakan selesai akhir oktober mendatang, yang beralokasikan di jalan samsul arifin dan penorogo Kelurahan Polagan, Kec/Kab Sampang, Senin, 19/09/2022

Kepala Seksi (Kasi) Teknis Sarana dan Prasarana Dishub Kabupaten Sampang Heri Budiyanto mengatakan dalam upaya memperindah kota bahari. Saat ini sudah memulai proses penyediaan perlengkapan dan membentuk pulau atau punggung jalan sepanjang 600 meter. Proyek dimenangkan oleh cv. Putra Daerah Mandiri Reborn itu senilai Rp. 465.250.512 Juta dari anggaran Apbd Kabupaten Sampang.

”Finalnya pengerjaan perkiraan akhir oktober mendatang tahun ini juga,” tuturnya.

Heri menerangkan pengerjaan proyek itu membutuhkan waktu lama, sebab galian aspal yang begitu kuat. Namun dari pengerjaan yang sudah hampir satu bulan itu, enam puluh persen sudah terselesaikan. Baik itu galian aspal dan 12 lubang cor dasar benton tiang pju selesai juga.

”Maksimal akhir bulan oktober sudah selesai berserta rakitan pemasangan lampunya,” jelasnya.

Selain itu dia menyampaikan pengerjaan tersebut untuk anggaran APBD Kabupaten Sampang senilai Rp. 980.015.410 juta pengerjaan dilakukan oleh pemenang tender CV Wahyu Jawa Sejahtera. Dana tersebut akan dialokasikan ke pengadaan dan pemasangan tiang dan jaringan Pju Jalan Samsul Arifin.
”Pelaksananya sama dan kami menindak lanjuti apa yang sudah menjadi keinginan bupati untuk memerindah Kabupaten Sampang.” paparnya Hery.
Selain itu, dia menuturkan masyarakat tidak terlau meunungpuk di perkotaan, sehingga mengupayakan atau bisa nantinya dialihkan ke peinggiran kota. Bahkan tujuan dari pembangunan itu dalam jangka panjang diharapkan menjadi kota percontohan bagi tiga Kabupaten di Madura.
”Karena terlihat sejauh ini masyarakat banyak diperkotaan, dan sebagai kota percontohan meskipun luas wilayah sampang kecil,” ujarnya.
Dengan begitu dia mengharapkan terbentunya sebuah keasrian dipinggiran kota bahari, akan membantu roda perekonomian masyarakat. ”Iya bisa mangkal dan berjualan dipinggir kota,” terangnya.
Sementara kontraktor proyek moch. Nur adiwana optimis dipertengahan oktober pengerjaan median jalan sudah selesai. Sebab, menurutnya pengerjaan media tersebut cepat dan akan dioptimalkan. ”Perkiraan dua minggu lagi sudah pemasangan tiang pju nya,” tandasnya.(mohdy)