Semua Jenis Hewan Rentan PMK Akan di Lakukan Faksinasi

BANGKALAN – Vaksinasi terhadap semua jenis hewan rentan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) akan dilakukan Vaksinasi, guna  mencegah penyebaran penyakit. Jenis hewan rentan PMK itu antara lain, Sapi, Kerbau, Kambing, Domba dan Babi.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan, Drh Ali Makki, dia menyebutkan prioritas utama vaksinasi hewan rentan PMK ini masih terfokus di dua jenis hewan sapi dan kerbau.

“Sesuai arahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) vaksinasi hewan ini masih terfokus pada dua jenis hewan yakni sapi dan kerbau, meskipun kambing sudah ada yang dilakukan faksinasi,” jelas Ali Makki, saat dikonfirmasi, Rabu (7/9/2022).

Menurutnya, giat vaksinasi hewan rentan PMK ini jauh lebih mudah melakukan faksinasi terhadap jenis hewan kambing, karena setiap kandang itu isinya banyak sehingga lebih cepat, berbeda dengan sapi yang terkadang disetiap kandang itu hanya isi 1 sampai 2 ekor sapi.

“Berhubung arahan pemprov yang diprioritaskan sapi, ya kita nurut, tapi tidak menutup kemungkinan, kambing juga sama-sama rentan, cuma kalau secara klinis kambing ini tidak terlalu menampakkan gejala PMK,” kata dia.

Total vaksin yang dilakukan terhadap hewan jenis sapi sudah mencapai 5.177 ekor sapi, sementara untuk jenis hewan kerbau, sampai saat ini masih belum ada. Karena, kalau kerbau populasinya di Bangkalan tidak banyak, dan jarang keluar juga.

Sementara, perolehan vaksin untuk jenis hewan kambing, saat ini sudah mencapai 287 ekor kambing, yang sudah dilakukan vaksinasi PMK.

“Pada intinya, semua jenis hewan rentan PMK di Bangkalan akan dilakukan vaksinasi, seperti Sapi, Kambing, Kerbau, dan Domba, kecuali babi karena di Bangkalan tidak ada, intinya sesuai arahan provinsi pasti akan kami lakukan,” tuturnya.

Ali Makki menegaskan, bahwa vaksin hewan rentan PMK ini di suntikan secara gratis, karena biaya persediaan vaksinnya sudah ditanggung oleh pemerintah, termasuk jasa pelayanan (Jaspel) nya di tanggung oleh pemerintah. (IQ/Red)