Ragam  

Habitat dan Populasi kera Endemik Di Sampang Mulai Terancam

SAMPANG-Populasi spesies kera di Hutan Kera Nepa sudah mulai berkurang karena sudah meninggalkan hutan untuk mencari makan ke luar hutan.

Keberadaan populasi kera yang berada di dalam wisata Hutan kera Nepa, di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, terancam berkurang lantaran bermigrasi ke sejumlah hutan di luar lokasi wisata karena untuk bertahan hidup, Sabtu, 03/09/2022.

Salah seorang penjaga hutan Kera Nepa, H Sahri (75), menyampaikan hingga saat ini jatah makan kera di wisata hutan Kera Nepa tidak lagi mendapat jatah. Bahkan pihaknya menyatakan sudah tujuh bulan kera nepa sudah tidak lagi mendapat kiriman makanan dari Pemerintah Kabupaten setempat.

“Kera-kera di hutan Nepa sudah lapar, Sudah tujuh bulan tidak dikirim makanan. Ketika saya tanyakan, katanya tidak nemu jagung. Ya saya bilang, tidak bakal nemu jagung kalau tidak beli. Biasanya makanan kera itu dari Pemkab Sampang di kirim ke Kecamatan Banyuates, dan dari Banyuates ke lokasi kera,” ucapnya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang, Marnilem saat dikonfirmasi membenarkan bahwa kera-kera di hutan Kera Nepa sudah tidak lagi mendapat jatah makanan dari Pemkab Sampang lantaran minim anggaran. Sehingga untuk tahun anggaran saat ini tidak lagi dianggarkan.

“Selain itu, di hutan Kera Nepa tidak lagi nyetor PAD. Sehingga kami pasrahkan kepada pihak desa agar dikelola secara mandiri, seperti halnya wisata Lon Malang yang desanya bisa ngelola sendiri dan bisa menjadi penghasilan desa,” ujarnya. (Mohdy)