Ragam  

Prediksi Awal Bulan Suci Ramadan 2024 Menurut Kemenag

SAMPANG – Menjelang memasuki Bulan penuh berkah dan ampunan. Saat ini, umat Islam telah ada pertengahan bulan Syaban. Artinya, tinggal menghitung hari, umat Islam di Indonesia akan menyambut bulan Ramadhan. Jum’at, 01/03/2024

Dimana metode penetapan awal bulan Hijriah di Indonesia dilakukan dengan imkanur rukyat dan hisab wujudul hilal. Dua metode ini didasarkan dari hadits riwayat Abu Hurairah, “Puasalah dengan melihat bulan dan berfithr (berlebaran) dengan melihat bulan. Bila tidak tampak olehmu, maka sempurnakan hitungan Sya’ban menjadi 30 hari.” (HR Bukhari dan Muslim)

Kementerian Agama Kabupaten Sampang (Kemenag) Melalui Kasi Bimais Saifuddin, mengungkapkan awal Puasa 1 Ramadhan 2024 Di Indonesia, penentuan awal puasa 1 Ramadhan dilakukan oleh Kementerian Agama melalui sidang isbat. Kegiatan itu menjadi pertanda awal puasa 2024 akan segera dimulai.

Penentuan ini bertepatan dengan 29 Syaban 1445 H dan dilakukan di 134 titik di seluruh Indonesia. “Jadi, hasil pemantauan tersebut akan menentukan kapan dimulainya puasa Ramadhan.” Ujarnya

Sejauh ini, belum ada informasi resmi mengenai awal Ramadhan 2024 menurut pemerintah. Meski begitu, berdasarkan pada Kalender Islam Hijriah yang dirilis oleh Kementerian Agama, diprediksi awal puasa Ramadhan 2024 akan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

“Secara astronomis, pelaksanaan rukyatul hilal penentu awal bulan Ramadhan ditentukan setelah matahari terbenam tanggal 10 Maret 2024, bagi yang di tempatnya konjungsi terjadi sebelum matahari terbenam. Dan tanggal 11 Maret 2024, bagi yang konjungsinya terjadi setelah matahari terbenam, “Pungkasnya.(Md)