Angin Kencang Disertai Hujan Porak Porandakan Gudang Garam Di Pangarengan

SAMPANG – Bencana angin puting beliung melanda Kecamatan Sampang, Senin 26/02/2024 sekitar pukul 15.00. Angin kencang tersebut mengakibatkan atap Gudang garam di Dengpadeng di Kecamatan Pangarengan di porak poranda. Selain itu, aliran listrik dan sebagian rumah warga juga terkena imbas.

Salah satu warga Asror memberikan informasi kejadian melalui video amatir mengungkapkan, kejadian tersebut berlangsung cepat. Puting beliung terjadi saat hujan lebat. Warga mengetahui setelah beberapa atap rumah tersingkap dibawa angin.

“Kejadiannya sangat singkat. Saya mendengar suara bergemuruh dan banyak yang berteriak,” katanya.

Saat kejadian, ujar dia, tidak ada warga yang berani keluar rumah. Sekitar setengah jam kemudian, tiupan angin mereda sehingga warga keluar rumah. Saat itulah diketahui banyak rumah yang rusak. Rata-rata di bagian atas. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Kerusakan paling parah di gudang garam tersebut. Atapnya tersingkap, bahkan materialnya beterbangan. Untungnya, saat kejadian tidak ada orang di dalam gudang.

”Warga langsung mendatangi sejumlah lokasi. Kami saling membantu setelah angin kencang reda. Beberapa menit kemudian, hujan reda,”ungkapnya.

Kejadian tersebut juga merusak kabel listrik sehingga di lokasi itu padam. Pemadaman tersebut berdampak pada semua pelanggan di kecamatan tersebut. “Sebab, salah satu kabel yang mengalami kerusakan merupakan kabel utama. PLN diminta mematikan listrik selama perbaikan, ” pungkasnya. (Md)