Honor PTPS Belum Cair, Bawaslu Sampang Ungkap Beberapa Kendala

SAMPANG – Gaji Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kabupaten Sampang belum juga cair, padahal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah sepekan berlalu.

Alhasil, hal tersebut menjadi pertanyaan besar bagi para anggota PTPS. Sebab faktor tak kunjung dicairkannya gaji belum diumumkan.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sampang Muhalli melalui Kepala Sekretariat Ali mengatakan, bahwa memang gaji belum bisa dibayarkan ke masing-masing anggota PTPS karena terdapat kendala.

Adapun kendalanya, yakni data yang salah pengimputan di Bank BRI, namun sejauh ini telah dikoordinasikan agar lebih dipercepat pencairannya.

“Sudah kami koordinasikan ke Bank BRI, kasihan teman PTPS,” jelasnya, Sabtu 24/02/2024.

Menurutnya, honor PTPS saat ini sudah ada di rekening Pengawas Kecamatan (Panwascam). Namun pihaknya belum bisa memastikan kapan pencairannya dengan alasan masih akan koordinasikan juga ke Bawaslu Provinsi.

“Ini masih kita rapatkan sama Provinsi, kalau sampai tanggal 21 rekening belum selesai, apakah bisa dibayarkan secara tunai atau tidak,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Sampang Syarif Hidayatullah membenarkan bahwa honor PTPS memang ada direkeningnya dan belum diberikan kepada masing-masing PTPS.

Alasan tidak diberikan karena sesuai dengan intruksi Bawaslu Kabupaten, sebab gaji tidak boleh diberikan secara manual, yakni harus melalui rekening.

“Kita menunggu intruksi dari Bawaslu, Karena untuk rekening honor PTPS hingga kini belum selesai di Bank BRI,” pungkasnya. (FS)