Potensi Menjadi Kewenangan PJ Bupati, Sejumlah Kekosongan Kursi Jabatan Di Sampang

SAMPANG – Sebanyak 10 kursi pejabat di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura kosong di tengah pimpinan Penjabat (Pj) Bupati, bahkan di tahun ini akan terus bertambah, Selasa, 13/02/2024

Sejumlah kursi jabatan kosong tersebut terdiri dari tiga jabatan pimpinan tinggi (JPT), empat pejabat administrator dan satu pejabat pengawas.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang, Arief Lukman Hidayat mengatakan, jumlah kursi jabatan yang kosong kemungkinan besar dalam tahun 2024 pasti bertambah, mengingat masa pensiunan pegawai tetap berjalan per bulan.

Seperti halnya JPT yang akan pensiun tahun ini (2024) sebanyak 2 orang, yakni Asisten Administrasi Umum dan Kepala Dispusip.

“Tiga JPT yang kosong saat ini dari Staf ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Staf ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kesra dan SDM, dan juga Kepala Dishub Sampang,” ujarnya.

Meski kekosongan jabatan tetap berjalan, kata pria yang akrab di sapa Yoyok itu, pihaknya tidak bisa memastikan kekosongan tersebut akan terisi dalam tahun ini. Sebab, untuk membuka seleksi terbuka (Selter) atau lelang jabatan terkendala oleh kondisi anggaran yang terbatas.

“Kebijakan atas perubahan anggaran melalui PAK agar dapat mencukupi kebutuhan selter jika akan dilaksanakan, potensinya menjadi kewenangan Pj. Bupati,” tutupnya.(Md)