Harga Bahan Pokok Di Sampang Alami Kenaikan, Warga Harap Pemerintah Kurangi Beban Rakyat

SAMPANG – Ditengah krisis yang menimpa Masyarakat Kabupaten Sampang, khususnya kalangan petani, justru dihadapkan dengan harga bahan pokok yang naik signifikan. Misalnya gula pasir dan beras premium yang naik hingga Rp 4.000.

“Harga gula yang bisanya di beli seharga Rp 13000 perkilo. Sekarang ada yang Rp 17000 sampai Rp 18000. Sementara untuk beras yang biasa saya beli satu karung berisi 25 Kilo seharga Rp 330,000 sekarang sampai Rp 350,000,” terang Salamah, warga Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung, Rabu 07/02/2024.

Salamah berharap kepada Pemerintah agar mengurangi beban masyarakat. Mengingat hasil penen di tahun sebelumnya tidak begitu maksimal.

“Kalau saya pribadi untuk beras dari kemarin sudah beli, meskipun harganya diketahui naik. Tapi kami tidak putus harapan terhadap pemerintah Setempat kiranya juga memikirkan terhadap kehidupan orang petani. Soalnya sudah tidak ada sisa hasil panen yang untuk dimakan,” keluhnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas (Kadis) Koperasi Perindustrian, Perdagangan (Diskopindag) Sampang Khairijah membenarkan terkait kenaikan harga bahan pokok per 31 Januari kemarin.

Rinciannya, untuk gula pasir harga di tahun ini sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) sampai Rp 16.000. Sedangkan untuk beras premium mencapai Rp 13.900.

“Jadi kalau ada toko yang menjual sampai Rp 17.000 per kilo gram, itu sudah biasa karena dia pedagang ingin mencari hasil,” tandasnya. (FS)