Ragam  

Gandeng Sakera Dan Marlena kategori Nominasi Desa Tradisional

Sampang-Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sampang menggandeng KNPI dan Panitia Kecamatan Pangarengan menggelar Festival Desa Tradisional Tingkat Kecamatan Pangarengan kab Sampang Tahun 2022, Jum’at (26/8/2022).
Setiap desa mempunyai kultur desa terbentuk oleh unsur-unsur desa dan unsur desa inilah yang selanjutnya akan menentukan potensi desa yang bersangkutan. 

KNPI Pangarengan mengadakan lomba dengan kategori Nominasi Desa Tradisional Se kecamatan Pangarengan
Hal ini yang di sampaikan oleh ketua Pelaksana H Bustomi
“Saya sangat mendukung kegiatan tersebut karena kita akan tau keberadaan desa, suasana di desa dan kultur masyarakat yg ada di desa”,

Adapun kategori yang menjadi acuan lomba desa tradisional yaitu : Makanan tradisional ,Suasana tradisional, Mainan tradisional , Budaya tradisional ,Pakaian tradisional,Nuansa kemerdekaan.

Salah satu contoh peserta dari ( GPM) GASAK Pemuda Gulbung , yang ikut Partisipasinya dalam lomba desa Tradisional yang di laksanakan oleh KNPI Pangarengan.

Desa Gulbung dengan nomer urut 4 Tepatnya di Dusun Berek leke Kec Pangarengan Kab Sampang,Dimana masih Ada kultur tradisional nya sangat kental dan masih ada, busana yang bertajuk sakera dan Marlena adalah busana khas asli madura , hal ini di buktikan dari Rumah adat yang masih bener bener asli, juga di Sajikan dengan makanan yang benar asli makan khas tradisional ,contoh urap- urap, ketan, dan juga lopes dimana itu asli makanan tradisional madura.
Lanjut ke nuansa suasana desa, hal ini di buktikan bahwa dusun Berek leke saat erat dengan sejarah. Dimana budanya adalah nelayan, bagaimna mereka menjaga keaslian desa salah satu contoh pembuatan perahu dan pembuatan jaring ikan..

H umam ketua Gasak Pemuda Gulbung sangat Mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh panitia pelaksana lomba tradisional desa
“Kegiatan yang sangat positif sekali, karena pemerintah bisa tau keadaan sebuah desa yang masih tradisional” Ungkapnya. ( mohdy )