Pasar Bringkoning Salah Satu Penyebab PAD 2023 di Sektor Pasar Bocor

SAMPANG – Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pasar tahun 2023 tidak mencapai target yang telah ditentukan.Pasalnya capaian PAD pasar tahun lalu tercatat hanya 58 persen atau 3,79 miliar. Capaian tersebut masih kurang 2,75 miliar untuk mencapai target yang ditentukan, yaitu 6,55 miliar, Rabu, 10/01/2024

Kabid pasar Diskopindag Sampang, Ach Subairi mengatakan, bahwa ada beberapa kendala dari tidak tercapainya target PAD pasar tahun 2023.

Salah satunya penyebab bocornya PAD tahun 2023, adanya pasar yang diklaim oleh pihak ketiga, yaitu pasar Bringkoning. Sehingga penarikan retribusi di pasar tersebut sudah tidak maksimal. Padahal disitu pasar hewannya menurut Subairi targetnya mencapai 300 juta lebih.

Sedangkan saat ini pihaknya hanya bisa menarik polowijonya saja yang juga hanya bukan separuh, dan bahkan malah hanya tinggal seperempatnya saja.

“Yang ditarik hanya yang dipinggir-pinggir jalan saja, sehingga pencapaiannya sangat minim, dan yang ironisnya sekarang PAD ditarik tinggi lagi”terangnya

Selain dar ipada pasar yang diklaim pihak ketiga, Subairi menuturkan kalau pasar-pasar yang lain di kota Bahari itu sangat sepi. Sehingga pedagang-pedagang itu sulit untuk membayar, terutama di pasar Srimangunan.

Kami kebingungan yang mau menagih dari pada retribusi. Hal itu dikarenakan pedagang pasar banyak yang tidak mau membayar. Akhirnya yang seharusnya membayar empat ribu hanya membayar dua ribu.

“Tarifnya kan tidak sama, seperti di PKL itu ada yang 2 ribu, yang daging itu 4 ribu, sesuai dengan ukurannya dan dikiospun juga begitu sesuai dengan ukurannya,” Pungkasnya.
(Md)