Dishub Sebut Beberapa Faktor Kurangnya Antusias Warga Lakukan Uji Kir Gratis

SAMPANG – Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) atau Uji Kir gratis sudah diterapkan sejak tanggal 2 2024. Namun, pemilik kendaraan di Kabupaten Sampang tidak terlalu antusias. Buktinya, sejak penerapan tersebut terhitung kurang lebih 100 pelanggan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor (UPTD PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Mamik Susriniwati menyatakan, bahwa pengujian Kir gratis saat ini sudah berjalan. Tetapi sambutan masyarakat pemilik kendaraan belum seberapa antusias. “Masih belum terlalu antusias warga,” jelasnya, Selasa 09/01/2024.

Menurut Mamik, ketidak tertarikan warga untuk melakukan uji kir tersebut dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya, bisa karena warga masih belum sempat ke kota. Faktor lain, dikarenakan kurang informasi secara keseluruhan.

“Karena kalau menyangkut persyaratan dan pelayanan, itu masih seperti biasanya, sama seperti sebelumnya,” terangnya.

Mamik menerangkan, bahwa meskipun uji kir saat ini gratis, pihaknya akan siap melayani masyarakat secara prima. Walaupun untuk sudah tidak masuk pada retribusi atau pendapatan asli daerah (PAD).

Dia menambahkan, bahwa uji kir gratis terdapat dampak meskipun tidak terlalu signifikan. Yaitu, bagi warga yang memiliki kendaraan mati lama, saat ini memiliki kesempatan. “Warga itu gercep untuk di kir mas,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihak Dishub berharap kepada pemilik kendaraan agar lebih menjaga keselamatan di jalan. Sebab, saat ini uji kir sudah gratis. Jadi, pemilik kendaraan diharapkan tidak meremehkan kondisi kendaraannya yang menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Mari selamat bersama, dan jalani proses uji kendaraan secara berkala,” tandasnya. (FS)