Lima Kecamatan Di Sampang Masuk Kategori Tinggi Terkait Bencana Tanah Longsor

SAMPANG – Sebagian wilayah di Kabupaten Sampang tergolong sebagai wilayah dengan resiko bencana tanah longsor kategori sedang. Untuk itu terdapat beberapa daerah yang perlu waspada ketika memasuki musim penghujan.

Diantara wilayah tersebut meliputi, Kecamatan Pangarengan, Sampang, Kedungdung, Tambelangan, Banyuates, Robatal, Karang Penang, Ketapang dan Sokobanah.

“Sementara Kecamatan Sreseh, Torjun, Camplong, Omben dan Jrengik termasuk kategori tinggi,” jelas Kalaksa BPBD Sampang Candra Romadhani Amin, Senin 08/01/2024.

Menurut Candra, pemetaan wilayah bencana tanah longsor di Sampang tergolong baru. Jadi untuk sementara badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) hanya menunggu. Sebab, kondisi real di lapangan masih dalam pemantauan.

“Yang jelas jika ada informasi kami siap ke lokasi dan menindaklanjuti,” janjinya.

Dia berharap kepada masyarakat dengan kondisi cuaca ekstrim seperti tahun ini, beberapa langkah perlu dipersiapkan. Pertama masyarakat perlu menjaga kondisi. Kedua, jika menemukan sesuatu yang dirasa sangat membahayakan, secepatnya melaporkan ke pihak BPBD.

Sebab, pihak BPBD Sampang hingga saat ini masih belum memiliki alat pemantau untuk lokasi rawan bencana. ” Kalau alat belum, jadi kami tetap koordinasi dengan BMKG,” pungkasnya. (FS)