Tiga Tahun Berturut-turut, Siswi SMAN 1 Kamal Raih Belasan Prestasi

Erlycha Maulidya Shafa Naura, saat menunjukkan hasil prestasinya, sebagai juara pertama Duta GenRe Provinsi Jawa Timur (Foto: Erlycha for MaduraRaya.id)

BANGKALAN – Selama tiga tahun berturut-turut, siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kamal, Kabupaten Bangkalan, berhasil meraih belasan prestasi.

Belasan prestasi itu diraih oleh siswi yang saat ini tengah menduduki kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Kamal, Dia adalah Erlycha Maulidya Shafa Naura, yang telah berhasil mengukir prestasi sejak tahun 2020 hingga tahun 2022.

Beragam lomba yang ia ikuti, mulai dari Olimpiade HIV-AIDS se Jawa Timur 2020, Olimpiade Sains se Indonesia (Biologi) 2021, Duta GenRe Putri Provinsi Jawa Timur 2022 dan masih banyak lagi lomba yang ia ikuti.

Terhitung ada 17 prestasi yang berhasil Erlycha peroleh, dan tidak hanya di tingkat kabupaten saja. Melainkan, dia telah mengukir prestasi mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional.

Tidak tangung-tanggung, hasil dari sekian banyaknya lomba yang diikuti olehnya, rata-rata perolehan prestasinya berada di angka juaran 1.

Siswi dari tiga bersaudara ini turut bangga dengan dirinya sendiri dan merasa tidak menyangka, bahwa selama ini dirinya telah berhasil meraih prestasi di tingkatan provinsi hingga nasional.

“Tentu, ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya, akan tetapi kadang saya masih belum menyangka bisa mencapai beberapa prestasi ini,” tutur Erlycha, sapaan lekatnya itu, saat dihubungi, Selasa (23/8/2022).

Putri kedua dari Bapak Erly Sunaryadi ini menyebutkan, bahwa perolehan prestasi yang telah ia torehkan tersebut, tentunya tidak lepas dari dukungan keluarga hingga teman-temannya.

Terlebih kata Erlycha, dukungan dari sekolahnya (SMAN) 1 Kamal, yang selama ini tidak pernah lepas dan terus memberikan dukungan baik secara pembinaan maupun secara materi.

“Keberhasilan memperoleh prestasi ini, selain doa dan dukungan dari orang tua dan keluarga hingga teman-teman saya, tentu tidak lepas dari dukungan dari sekolah juga, yang tidak pernah lepas dalam membina dan membimbing saya selama ini,” tutur Erlycha.

Selain itu, dia mengaku bahwa sebentar lagi dirinya akan mewakili sekolahnya, untuk mengikuti Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Putri tingkat Nasional.

“Mohon doanya, semoga di ajang apresiasi GenRe Putri tingkat Nasional nanti, saya bisa kembali membawa prestasi khsusnya untuk SMAN 1 Kamal dan umumnya untuk Kabupaten Bangkalan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala SMAN 1 Kamal, Jumali mengaku bangga terhadap salah satu siswanya, karena memasuki tiga tahun terakhir ini, siswanya telah berhasil meraih banyak prestasi.

Pihaknya berkomitmen, semenjak Erlycha berhasil meraih prestasi duta GenRe, lembaganya akan terus mendukung penuh dan akan mensupport apa yang dibutuhkan oleh siswanya yang berprestasi.

“Kami berkomitmen, bahwa lembaga akan terus mendukung penuh, apapun yang dibutuhkan oleh siswa yang perprestasi kami akan support,” kata Jumali.

Tidak hanya itu, dia juga berharap dengan prestasi yang diperoleh oleh Erlycha Maulidya Shafa Naura ini, menjadi lecutan semangat dan motivasi bagi siswa yang lain, agar di sekolah (SMAN 1 Kamal) ini, bisa muncul Erlycha baru kedepannya.

“Bagi kami, Erlycha ini adalah aset yang harus kita jaga, maka kedepan, Erlycha akan kami jadikan mentor bagi siswa/siswi yang lain di sekolah ini,” tutupnya.

Sekedar diketahui, berikut 17 daftar prestasi yang telah di peroleh oleh Erlycha Maulidya Shafa Naura, salah satu siswi kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Kamal, Bangkalan, dari tahun 2020 hingga tahun 2022.

1. Juara 1 Duta GenRe Putri Provinsi Jawa Timur 2022
2. Juara 1 Duta GenRe Putri Kabupaten Bangkalan 2022
3. Medali Perunggu Olimpiade Kedokteran Dasar Indonesia (Nasional) 2022
4. Juara 2 Video Opini Gebyar Karya Remaja se-Madura 2022
5. Juara 3 Olimpiade Literasi Numerasi (Nasional) 2021
6. Medali Perak Nusantara Biology Competition (Nasional) 2021
7. Juara 3 Olimpiade Sains (Nasional) 2021
8. Juara 2 Olimpiade Sains (Nasional) 2021
9. Medali Perak Olimpiade Literasi Numerasi (Nasional) 2021
10. Medali Perak Kompetisi Pelajar Nasional Biologi 2021
11. Medali Perak Kompetisi Pelajar Nasional Sosiologi 2021
12. Medali Perak Olimpiade Sains se Indonesia (Biologi) 2021
13. Medali Perak ISSO IV Sosiologi Nasional 2021
14. Medali Perunggu ISSO IV Bahasa Indonesia Nasional 2021
15. Medali Perunggu News English Olympiad 2 Nasional 2021
16. Medali Perak News History Olympiad Nasional 2021
17. Juara 1 Olimpiade HIV-AIDS se Jawa Timur 2020.